Munculnya agen properti syariah malang adalah bentuk solusi untuk Anda yang enggan menghadapi kredit bank. Keberadaan agen properti langsung berhubungan dengan para developer.

Alhasil, Membeli rumah dari agen syariah bukan hanya menghindarkan Anda dari riba, namun juga membantu Anda berinvestasi tanpa takut dosa. Pasalnya di zaman sekarang ini harga rumah kian melambung tinggi. Rata-rata orang membeli rumah dengan sistem KPR bank.

Memang membingungkan jika menempuh jalan non kredit, sebab harga rumah yang melambung nyaris tidak memungkinkan untuk dibayar tunai. Namun, Di samping KPR bank konvensional, Anda kini bisa mempertimbangkan membeli rumah secara syariah. Agen-agen properti syariah berkomitmen untuk menjembatani orang-orang yang ingin mempunyai rumah dengan sistem kredit tanpa bank dan riba.

Selanjutnya, Perbedaan pembelian rumah melalui jalur syar’i dengan jalur KPR konvensional adalah banyaknya pihak yang terlibat. KPR biasa melibatkan tiga pihak, yakni customer, bank, dan developer. Sementara untuk transaksi syariah hanya melibatkan dua orang, yakni developer dan customer.

Secara kasat mata, sistem pembayarannya sama, yakni adanya cicilan. Namun, yang membedakan adalah sistem properti syariah tidak mengenal adanya bunga. Kemudian juga tidak ada risiko atas keterlambatan pembayaran cicilan oleh customer.

Ciri-ciri Agen Properti ‘Syariah’ Yang Harus Dihindari

Adanya agen properti syariah bisa membantu Anda untuk mendapatkan rumah idaman Anda. Namun, keuntungan uang menggiurkan ini tak jarang menjadi ajang untuk oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Di bawah ini merupakan ciri-ciri agen yang harus dihindari:

Memaksa Saat Menawarkan Properti
Untuk kepentingan apa pun, sifat agen yang memaksa jelas tidak akan membuat customernya nyaman. Ada beberapa alasan agen mempunyai sifat memaksa, salah satunya karena mencoba memenuhi target yang sulit dipenuhi. Tak jarang yang memaksa adalah teman sendiri.

Mengatur Harga Jual Sepihak
Untuk harga jual yang ditetapkan seharusnya agen membawa brosur atau mempunyai list jual beli rumah yang sah. Agen properti yang terpercaya tidak bisa semerta-merta menentukan harga jual rumah. Agen yang baik akan taat pada aturan kantor.

Iming-iming Berlebihan
Oknum yang berkedok agen properti syariah memberikan janji manis berlebihan. Salah satu contohnya adalah berjanji untuk membeli rumah Anda jika rumah Anda akan terjual. Kondisi ini bisa terjadi apabila Anda memanfaatkan kerja sama dengan agen saat hendak menjual rumah.

Janji Palsu
Janji palsu terkadang membuat kita terlena karena saking melangitnya janji-janji yang ditetapkan oleh oknum nakal. Meskipun banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pembelian rumah secara syariah, namun membekali diri dengan ilmu itu perlu agar terhindar dari penipuan berkedok syariah.

Jika di atas kita sudah membahas ciri-ciri agen yang harus dihindari, sekarang kita bahas ciri-ciri agen properti syariah yang harus didekati

Ciri-ciri Agen Terpercaya
Memahami Produk yang Dijual dengan Baik
Agen yang mempunyai pengetahuan mendalam terkait produk yang dijual adalah agen terpercaya yang bukan hanya mengharapkan target terpenuhi. Kita semua tahu bahwa agen yang berhasil menjual properti akan mendapatkan komisi dari hasil penjualannya. Mungkin ada segelintir agen yang hanya memikirkan target.

Menjawab Pertanyaan dengan Ramah dan Akurat
Agen properti syariah yang baik adalah agen yang senantiasa menjawab pertanyaan calon customer dengan ramah serta akurat. Ingat, ramah saja tidak cukup karena siapa pun bisa memberikan sikap ramah. Namun, memberikan jawaban yang akurat hanya bisa dilakukan oleh agen terpercaya saja.

Mengajak customer untuk Survey Lokasi
Poin terakhir ini juga tidak kalah penting adalah diajaknya customer untuk melakukan survey lokasi. Survey lokasi dilakukan agar calon customer terhindar dari membeli kucing di dalam karung. Mengajak customer survey lokasi juga menjadi keuntungan jangka panjang bagi agen karena dapat dipercaya oleh customer lainnya.

Membeli properti adalah keputusan besar, bukan hanya menyoal biaya yang dikeluarkan, namun juga manfaat yang didapatkan. Properti yang digunakan untuk hunian akan dipertahankan dalam jangka panjang. Demikian juga properti yang dibeli dengan tujuan sebagai bangunan komersil.

Kiat Membeli Rumah Tanpa Riba
Kian majunya zaman membuat segala biaya hidup bertambah mahal, termasuk juga dengan harga beli rumah. Terlebih dengan harga-harga rumah di perkotaan. Namun, jika tidak membeli rumah, tidak mungkin selamanya kita hidup menumpang keluarga atau terus-menerus menghabiskan uang untuk mengontrak.

Kita dapat mengambil berbagai cara untuk membeli rumah tanpa sedikit pun terlibat riba. Anda bisa memutar otak untuk menjalin kerja sama dengan investor jika ingin membebaskan diri dari riba. Bukan hanya terhindar dari riba, Anda juga berkemungkinan besar untuk mendapatkan keuntungan besar.

pembelian rumah tanpa sedikit pun menyentuh riba lebih mudah dilakukan oleh orang di pedesaan. Asas kekeluargaan yang tinggi memungkinkan customer dan penjual untuk bersepakat membeli rumah dengan cicilan tanpa adanya bunga. Tidak ada pihak yang akan dirugikan dari sistem jual beli ini.

Melibatkan agen properti syariah juga menjadi kunci jelas untuk menyelesaikan permasalahan ketakutan riba. Pasalnya agen ini tidak akan mengarahkan Anda untuk bekerja sama dengan bank. Anda akan langsung bekerja sama dengan developer melalui perpanjangan tangan agen syariah.

Dengan kemunculan agen properti ini, zaman terlihat semakin peduli terhadap hubungan agama dengan kebutuhan pokok manusia. Agen properti syariah juga menjadi sarana yang amat membantu pasangan muda dengan penghasilan tidak begitu tinggi dalam mempunyai hunian yang nyaman.

Bahaya Riba dalam Jual Beli Rumah Kredit
Bukan tanpa alasan agen properti syariah hadir sebagai solusi menghindarkan Anda dari riba. Sebab jika ditelisik lebih dalam, bahaya riba itu cukup serius. Orang-orang yang beragama Islam pasti paham dan semestinya taat jika sudah tahu bahwa riba adalah salah satu dosa yang dibenci Allah.

Perintah untuk tidak terlibat dalam riba telah tercantum pada ayat-ayat al-quran, paling banyak pada surat Al-Baqarah 275, 276, dan 278 dan ada juga pada surat Al-Imran 130. Berbagai hadist juga dapat ditemui sebagai bukti absah betapa bahayanya riba.

Riba ada berbagai macam jenisnya, diantaranya riba dalam kegiatan berutang dan riba dalam kegiatan jual beli. Membeli rumah dengan bunga memasukkan customer ke dalam riba atas dua hal di atas. Pertama, riba karena melakukan kegiatan utang piutang dan kedua riba dalam jual beli tersebut.

Agen properti syariah malang hadir untuk membantu memecahkan masalah pembelian property dengan sistem syar’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *